Setelah waktu yang ditentukan pada timer menyentuh angka 0 (waktu main game sudah habis), kita bisa menampilkan layar game over dengan cara:
(Tolong Perhatikan Tahap Persiapan 1 dan 2 di bawah ini saling relate, atau tween tidak akan berjalan).
Tahap Persiapan 1
Yang perlu disiapkan adalah sebuah kotak piskel, teks, dan button
1. Kotak Sprite dengan Piskel
Tambahkan object baru dengan cara klik "Add new object" >> "Sprite" >> lalu pilih "Create with Piskel", kemudian berikan warna dengan menumpahkan icon ember cat
Drag kotak Sprite Piskel ini ke dalam board canvas (di bawahnya saja, tarik-tarik sehingga ukuran menjadi bisa menutupi layar utama game, letakkan di bawah layar utama game sehingga tidak mengganggu proses edit), ini nanti ketika game over kita naikkan kotak sprite piskel ke atas dengan cara mengatur sumbu X.
2. Teks
Teks ini berisi tulisan game over, silakan "Add new object" >> "Text" dan berikan tulisan game over seperlunya. Setelah itu drag menumpuk dengan objek sprite piskel pada poin 1.
3. Tombol Retry
Tombol ini akan mengarahkan pengguna untuk memainkan game kembali (retry). Caranya "Add new object" >> pilih button sesuai keinginan pada asset store atau membuatnya sendiri melalui "Button (panel sprite)". Setelah itu drag menumpuk dengan objek sprite piskel pada poin 1.
Tahap Persiapan 2
Pada tahap ini adalah menyiapkan behavior tween pada semua objek tahap persiapan 1. Jika ini tidak dilakukan maka efek tween tidak akan berjalan dengan kata lain game over tidak akan muncul.
Lakukan dengan cara ini: Double klik pada masing-masing objek pada tahap persiapan 1, lalu pada bagian behavior silakan tambahkan behavior dengan cara klik "Add a behavior"
Pertama, pada background game over (Kotak Sprite dengan Piskel),
Kedua, pada teks game over
Ketiga, pada tombol retry.
Tambahkan behavior tween pada semua objek pada ketiga objek di atas.
Pastikan semua 3 objek pada langkah persiapan 1 sudah diberikan tween semua.
Settingan penempatan objek:
Tahap Coding
Setelah angka timer pada scene menyentuh angka 0, maka game over. Untuk membuat pernyataan ini pada coding maka tambahkan "Add a new event". Akan terbentuk condition dan action
Pada condition, cari "Number variable" >> masukkan nama variabelnya yaitu timer; Sign of the test disii dengan < (less or equal to); dan value to compare diisi dengan 0.
Selanjutnya kita lakukan Tween atau menganimasikan objek kotak sprite piskel game over sehingga menutupi bagian layar utama game.
Coding pada Action
Karena ada 3 buah objek yang akan digerakkan (menggunakan tween) agar objek dari bawah ke atas, yaitu sprite piskel, teks, dan tombol retry maka kita harus mengatur ketiganya. Setelah itu timer di pause terlebih dahulu:
Pertama kotak tambahkan action untuk kotak sprite piskel, caranya pada satu baris yang sama dengan condition sebelumnya silakan pilih "Add action", pilih objek sprite piskel (pada gambar namanya KotakMerah), kemudian cari "Tween object Y position" >>
- isi nama tween identifier sembarang;
- To Y adalah sejauh mana kita akan memberhentikan sumbu Y;
- Easingnya pilih easeOutQuad yang artinya animasi akan bergerak dari bawah ke atas;
- Duration diisi 1 detik saja biar tidak terlalu lama
Kedua, lakukan hal yang sama untuk teks dan tombol button. Lalu kita pause timer, caranya: tambahkan "Add action" di bawahnya >> "Pause scene timer" >> pilih nama timer yang dibuat sebelumnya.
Sehingga coding lengkap untuk menambah game over pada gdevelop dilengkapi dengan pause timer adalah:
Comments
Post a Comment