Menambah Petujuk Permainan Game pada GDevelop

 Di awal sebelum permainan mulai kita bisa menambah petunjuk cara main dengan cara:

Tahap Persiapan

1. Tambahkan objek panel

Dengan cara klik "Add a new object" >> cari "Panel" pada asset store, berikan nama panel bila diperlukan

2. Tambahkan teks

Dengan cara klik "Add a new object" >> cari "Text" pada new object from stratch, kemudian tuliskan teks yang ingin ditampilkan sebagai petunjuk permainan game

3. Tambahkan tombol close

Dengan cara klik "Add a new object" >> ketikkan close pada asset store, dan pilih tombol close yang dikehendaki, berikan nama panel bila diperlukan

Tahap Coding

Pada petunjuk permainan game ini akan muncul sebelum game dijalankan, dan akan hilang ketika tombol close ditutup

Silakan coding sebagai berikut untuk menghilangkan object penyusun petunjuk memainkan game:

1. Klik "Add a new event" sehingga terbentuk condition dan action. Pada condition ditambahkan "The cursor / touch is on an object" --Lalu pilih objeknya adalah nama dari button close yang sudah dibuat. OK


2. Tambahkan condition lagi di bawahnya, yaitu "A new touch has started" >> OK


3. Sekarang giliran action, tambahkan action pada baris yang sama dengan condition tersebut. Yang terjadi adalah ketika tombol close di klik atau di tap maka akan menghilangkan petunjuk permainan yang penyusun komponennya ada 3 yaitu panel, teks, dan tombol close. Maka codingnya untuk action ini adalah: Delete the Object >> lalu pilih nama objeknya, dan lakukan sebanyak 3x pengulangan action karena yang dihapus adalah 3 objek.


Opsional : Cara lain adalah dengan meletakkan panel dialog (OrangeLeaves), teks petunjuk (Petunjuk), dan close button (XButton) pada sebuah layer, kemudian sembunyikan layer tersebut, dan menampilkannya ketika tombol close ditekan.

Apabila dikaitkan dengan waktu timer, maka bisa ditambahkan action lagi dengan cara pilih "Start (or reset) a scene timer" >> lalu pilih nama timernya. Jadi sebelumnya kita harus membuat timer terlebih dahulu. Bisa dilihat lanjutannya pada bagian di bawah ini:


Membuat Timer

Batas waktu main game bisa dibatasi waktu dengan cara, langsung saja menambahkan "Add a new event" >> kosongi condition, 

Lalu pada action tambahkan: "Change Number Variable" pastikan memilih yang General/Variable/Scene variables karena kita mengubah teks timer yang akan dimanfaatkan oleh scene

Selanjutnya kita tambahkan teks untuk memuat tulisan siswa waktu timer masih berapa dengan cara, "Add new object" >> "Text" lalu berikan nama "TimerText" atau yang lain. Drag ke dalam board canvas. 


Selanjutnya berikan coding lagi dengan menambahkan action lagi di bawahnya, 

Caranya Add contion >> pilih objek teks untuk menampilkan timer pada langkah sebelumnya yaitu "Timertext" >> pilih "Text" >> lalu isikan pada bagian SetTo adalah 

"TIMER: "+ ToString(round(Variable(timer)))

Yang artinya akan ada tulisan nantinya ada tulisan TIMER pada layar scene game.






Comments