Menambahkan Nyawa Health Platformer pada GDevelop

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Menambahkan Extension Health

Health atau nyawa player pada game platformer GDevelop dapat diatur dengan menambahkan extension "Health". Caranya, pada GDevelop5 silakan buka "Project Manager" yang ada di pojok kiri atas, setelah itu klik "Create or search for new extension" .

Ketikkan saja health >> Pilih "Health Points and Damage" >> "Install in Project" --


Untuk memastikan silakan lihat kembali daftar ekstensi yang sudah terinstall dengan cara mengecek "Health" dan pastinya sudah ada di dalam daftar ekstensi. 

2. Menghubungkan Health Behavior dan Player

Jika sudah berhasil menambahkan ekstensi Health, saatnya menghubungkan Player dan Health. Caranya silakan klik double klik pada Player, >> pilih "Behavior" >> "Add a behavior" >> pilih "Health". 


Ganti health maksimum menjadi sesuai keinginan, bisa 5 atau angka berapapun. Ini mewakili jumlah nyawa yang tersisa ketika player gagal seperti jatuh, terkena objek berbahaya dan yang lainnya.


3. Menambah Objek Health

Setelah semua pengaturan di atas selesai, selanjutnya adalah menambahkan objek Health ke Layer UI, ia berapa pada layer yang sama dengan layer score, dan juga timer. Caranya:

Klik "Add new object" >> "Asset store" >> cari dan pilih "Resource Bar" >> pilih "FlatHearBar" >> klik "Add to the scene



Hasilnya: ada objek "FlatHeartBar". Drag ke dalam scene dan pastikan berada di dalam "Layer UI".


4. Coding

Klik "Add new event" sehingga akan terbentuk conditon dan action

Langsung saja tambahkan action agar objek "FlatHeartBar" sesuai dengan health Player. Caranya "Add action" >> pilih "Value" dan lakukan "=(set to)"; masukkan "Player.Health::Health()" tanpa tanda petik. >> OK.


Mengurangi Health Player Ketika........

Nilai Health dari Player akan berkurang ketika Player terjadi kondisi berikut ini:

  • Terjatuh; pergi ke: Player character > Player death > apply damage
  • menabrak capung/lalat; pergi ke: Fly enemy > player collide with Fly > Player is falling yang bawah > appply damage
  • terkena monster menyala apinya; pergi ke: Monster enemy > player collide with monster > monster is on fire yang atas > appply damage
  • menabrak monster padam; Monster enemy > player collide with monster > Player is falling yang bawah > appply damage

Cara apply damage yang pertama yaitu pada: Player >> Player death


Kita tambah "Add action" >> pilih objek Player >> pilih "Apply damage to an object" >> isi point of damage dengan angka 1 (untuk mengurangi 1 nyawa). >> OK.


Begitu juga dengan kondisi menabrak dan terkena monster. Silakan copy paste saja ke yang lainnya.

Gameover Ketika Health = 0

Ketika health habis maka terjadi game over, caranya: Klik "Add new event" sehingga terbentuk condition dan action. 

Tambahkan condition dengan cara klik "Add condition" >> pilih objek "FlatHeartBar" >> pilih "Value", kemudian pilih dengan "=(equal to)"; isi dengan 0; >> OK

Sekarang "Add action" pada baris yang sama dengan condition sebelumnya, sehingga codingnya sama dengan coding game over. Berikut cuplikannya:





Comments